Tuesday, March 15, 2016 di 6:53 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments



Setelah kemarin membahas tentang fitur-fitur yang ada di ms.word. Sekarang saatnya membahas tentang pengolahan angka di ms.excel dengan menggunakan tanda $ (Cell absolute)! Kalian pasti pernah menggunakan ms.excel untuk mengerjakan laporan keuangan atau sejenisnya. Pada post-an ini saya akan memberi langkah-langkah cara menghitung nilai pajak tanpa harus hitung manual. Ya, hanya dengan menuliskan satu atau dua rumus dapat menghitung nilai pajak yang harus dibayar.

Sedikit info, tanda '$' di dalam MS Excel merupakan simbol untuk penerapan Cell Absolute. Cell Absolute adalah Absolute Reference, yakni ketika meng-copy rumus dengan menggunakan fill handle maka cell yang diabsolutkan tidak akan berubah. 
Tugas penkom ke-5 adalah mencari nilai pajak yang harus dibayar. Soal yang diberikan adalah:


Suatu pajak kendaraan bermotor dirumuskan dengan perhitungan berikut:
  1. Tahun 2005 pajak yang dibebankan kepada A sebesar Rp.1.250.000, sedangkan B Rp.825.000 
  2. Setiap tahunnya pajak tersebut bertambah 8% dari tahun sebelumnya untuk A dan 5% untuk B 
  3. Hitunglah besarnya pajak mulai tahun 2005 sampai dengan tahun 2012



Untuk menjawabnya, hal yang harus dilakukan adalah:
  1. Buatlah tabel sesuai yang diberikan di soal



  2. Pada tabel D2, masukkan rumus =$B$2/100*C2+C2 untuk menghitung pajak tahunan yang harus dibayar. Tanda $ pada rumus tersebut digunakan untuk mengunci sel B2 (tekan enter). (tekan enter)



  3. Klik sel yang telah yang sudah dimasukkan rumus. Arahkan kursor ke bagian pojok kanan sel tersebut sampai muncul tanda (+). Kemudian tarik ke arah kanan sampai tahun 2012. Hal ini berguna untuk memudahkan penghitungan pajak di tahun-tahun berikutnnya.



  4. Pada pajak selanjutnya, masukkan rumus =$B$3/100*C3+C3 pada tabel D3 (tekan enter).



  5. Ulangi langkah ke-3

  6. Selesai




Sunday, March 6, 2016 di 1:11 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Gak kerasa ya, sekarang udah tugas penkom yang ke-4 aja. Sepertinya, untuk beberapa minggu ke depan, blog ini akan di hantui dengan postingan tugas penkom gue deh.. believe it or not, tugas penkom selalu ada di setiap minggunya, dan gue hampir selalu ngerjain tugas penkom ini mepet-mepet deadline gaes. Biasa lah, orang rajin.

Minggu ini, gue akan nge-share gimana cara:
  • Membuat surat masal (mail merge)
  • Membagi halaman menjadi beberapa section
  • Membuat daftar isi secara otomatis
  • Equation Editor
  • Autotext tabel dan thesaurus
  • Mengaktifkan spelling dan grammar
 Intinya, untuk tugas gue minggu ini, gue akan berbagi gimana sih cara buat sistematika makalah atau semacamnya dengan mudah, tanpa harus mengetik manual. Bayangin aja, ketika lo ingin buat daftar isi, dan lo menekan tombol titik yang lama, terus belum lagi lo harus samain atas bawahnya biar simetris. Gak kebayang kan? Yang ada telunjuk lo patah karena kelamaan nekan tombol. Nah, diharapkan setelah baca blog gue, tulisan ini bisa bermanfaat buat kehidupan lo dalam mengerjakan tugas, hehehe.

Menurut google, Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

Cara Membuat Surat Masal (Mail Merge)


  1. Buka Ms.Word
  2. Ketik seperti yang ada di gambar atau ketik format surat yang ingin anda buat 
  3. klik menu Mailings
  4. Pilih Start Mail Merge, kemudian klik Step-by-Step Mail Merge Wizard

  5. Setelah muncul box mail merge di sisi kanan Ms.Word, klik letters --> Use the current document --> Type a new list --> Create

  6. Setelah muncul box New Adress List, edit nama kolom dengan klik customize columns
  7. Tambahkan format yang telah anda buat ke dalam kotak dialog tersebu dengan klik add, setelah itu klik ok
  8.  Tulis informasi dalam tabel dengan format yang telah disesuaikan, klik ok
  9.  save data tersebut, pilih ok
  10. Pilih use an existing list pada kolom mail merge yang ada di kanan, klik next
  11. Pilih more items, kemudian insert data hingga muncul seperti gambar di atas
  12. Klik Next: Preview Your Letters, di bagian ini, kalian bisa melihat hasil mail merge nya
  13. Setelah puas melihat preview, klik Next: Complete the merge
  14. Selesai

Cara Membagi Halaman Menjadi Beberapa Section

 Tujuan membagi halaman menjadi beberapa section yaitu agar mempermudah dalam mebuat halaman yang berbeda dalam satu document, sehingga kita tidak perlu membuat banyak document untuk membuat satu makalah atau yang lainnya.


  1. Buka file document yang telah dibuat
  2. Block kata/ kalimat yang ingin dijadikan sebagai awal pada halaman terntentu
  3. klik Page Layout, pilih next page
  4. Hasilnya, kata/kalimat yang telah di block akan otomatis menjadi awal pada halaman tertentu, meskipun di edit berulang kali.
Cara di atas, memudahkan kita jika ingin merevisi makalah, skripsi atau yang lainnya. Hal ini juga berguna untuk membuat nomor halaman yang berbeda pada satu document.


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Kalian pasti tahu kan apa itu daftar isi? Kalau masih ada yang belum tahu apa itu daftar isi, gue kasih penjabaran tentang daftar isi menuru google:
 "Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman per halaman atau tiap bab. Peran sebuah daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena, dengan daftar isi dapat memudahkan pembaca untuk mencari topik utama atau materi apa yang dibahas dalam tiap halaman. Selain itu, dengan adanya daftar isi, sebuah makalah akan terlihat lebih rapih."
Sebelum membuat daftar isi secara otomatias, pastikan judul dan subjudul menggunakan heading. Jika belum, kalian bisa mem-block judul atau subjudul, kemudian pilih heading yang ada di tab home. Seperti yang ada di bawah ini.





Setelah judul dan subjudul di heading, pastikan daftar isi yang telah dibuat di heading juga. Jika telah di heading semua, ikuti langkah di bawah ini.




  1. Block daftar isi yang telah dibuat dan di heading
  2. Klik tab preference
  3. Klik table of contents, pilih model daftar isi yang kalian suka
  4. Selesai



Jika anda ingin meng-update daftar isi, anda bisa klik update table, kemudian pilih deh, mau yang hanya meng-update nomor halaman saja atau  update judul dan subjudul yang telah dibuat. Keuntungan dari update table adalah anda tidak usah mengganti halaman pada daftar isi secara manual melainkan akan di ganti secara otomatis.

Cara Membuat Equation Editor

Equation editor adalah sebuah aplikadi bantu dalam Ms. Word yg fungsinya mmudahkan kita dalam membuat rumus-rumus. Entah rumus fisika, kimia, fisika atau yang lainnya.


  1. Klik tab insert
  2. pilih equation
  3. pilih format yang sesuai dengan rumus yang anda ingin tulis


Cara Membuat Autotext tabel dan thesaurus 

Autotext berfungsi untuk menyisipkan text, jika kita mengetik sesuatu yang diulang-ulang, tidak perlu diketik ulang, gunakan autotext untuk memudahkan.


  1. Block dan copy kata yang ingin dijadikan autotext
  2. Klik tab insert dan pilih Quick parts --> autotext
  3. Ketik keyword yang anda inginkan
  4. Ketik penjelasan pada kolom description
  5. Klik ok

Cara Mengaktifkan Spelling dan Grammar

Pernah gak sih lo pas lagi ngetik di word terus dibawah tulisan yang lo ketik, muncul garis-garis merah? Itu bahaya gak sih?
Nah, pasti lo pernah bertanya-tanya seperti kutipan yang di atas. Sebenarnya garis-garis yang muncul dibawah tulisan merupakan hasil dari pengaktivan spelling and grammar. Kalau misalnya lo risih dengan garis-garis yang ada di bawah tulisan, lo bisa memusnahkan garis-garis itu kok! caranya gampang banget!


Pertama, yang harus dilakukan yaitu klik menu file, klik options. Setelah muncul kotak dialog opstions, lo bisa ngulik sepuasnya tentang spelling and grammar pada bagian display dan proofing.

Misal, jika lo pengen ilangin garis-garis merah yang ada dibawh tulisan, lu bisa uncheck bagian check spelling as you type pada tab proofing.

Tuesday, March 1, 2016 di 9:11 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Setelah seminggu berlalu, akhirnya gue sekarang nulis blog lagi.. Yaa, nge-blogging karena untuk memenuhi tugas penkom gue kali ini. Setelah kemaren gue ngebahas tentang Kostumisasi Hardware pada Sistem Operasi. Sekarang gue akan ngebahas tentang management file dan directory, fasilitas kompresi file pada android, fasilitas utilitas sistem pada android.

Oya, sebelum masuk ke topik. Gue mau ceritain sedikit tentang smartphone gue. Sekarang gue pengguna smartphone lenovo merk P70 . Harganya yang ekonomis membuat gue memutuskan membeli smartphone ini. Oke, kembali ke tugas.

Management file dan directory
Management file dan directory pada android adalah salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk me-manage file-file yang tersimpan dalam smartphone/mobile phone yang menggunakan OS Android. Pada bagian management file dan directory, kita dapat membuat folder untuk mengelompokkan file, melihat file apa saja yang ada, menghapus (Delete), menyalin (Copy), atau memindahkan (Move) file dari satu lokasi (folder) ke lokasi lain, dan mengganti nama file. Pada saat aplikasi file manager dibuka, tampilan yang terlihat di layar smartphone anda yaitu isi dari phone storage dan  SD card. Jika anda ingin me-manage file dan directory, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Buka smartphone anda, klik  file manager

Di sini, anda bisa melihat properties dari phone storage maupun SD card anda






Setiap smartphone mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam hal me-manage file. Namun pada umumnya, setiap smartphone dapat membuat folder, melakukan pencaharian, menghapus (Delete), menyalin (Copy), atau memindahkan (Move) file dari satu lokasi (folder) ke lokasi lain, dan mengganti nama file, dan melihat properties-nya. Gue yakin sih, yang mampir di blog ini pasti udah pada tahu kan cara-cara melakukan hal-hal yang tertulis di atas, tapi gue di sini cuma mau ngasih langkah-langkah untuk membuat file baru

  

  1. Buka file manager
  2. Klik yang bertanda merah (new folder)
  3. Ketik nama folder yang ingin dibuat
  4. Enter.
 Fasilitas Kompresi File Pada Android

Semakin berkembangnya teknologi, banyak smartphone yang telah ada kompesi file bawaan dari hpnya. Namun, sangat disayangkan, hal ini tidak berlaku untuk hp gue. Ya, hp gue masih pakai sistem manual. Jadi jika gue ingin mengkompresi file, gue harus pakai app yang harus di unduh di play store atau semacamnya. Gue menggunakan aplikasi androzip untuk mengkompresi file di smartphone gue. Aplikasi androzip dapat digunakan untuk mengkompres file menjadi rar, zip dsb. Jika kalian belum memiliki aplikasi ini, kalian bisa mengunduhnya di playstore. Setelah aplikasi androzip terpasang pada smartphone. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Buka aplikasi androzip
  2. Pilih/ checklist file yang ingin di compress
  3. Klik ikon + yang ada di atas aplikasi
  4. Compress file sesuai yang di inginkan (bisa format rar/zip)
  5. Hasil compress akan terlihat di tampilan smartphone kalian.

    Fasilitas Utilitas Sistem Pada Android  
    Fasilitas Utilitas yang disediakan pada sistem Android sangat berguna untuk menunjang berbagai keperluan, seperti untuk mengkompres file, menscan virus, melihat foto, menulis agenda, mengedit foto atau video, defragment, command prompt, anti virus dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu user harus meng-install aplikasi yang ingin digunakan. Namun di tulisan ini, gue hanya ngebahas fasilitas utilitas bawaan dari androidnya sendiri. Misal kalkulato, kalender, jam dsb. Ini dia tampilannya:


    Gambar di atas
    menunjukan jam multifungsi, dimana pada smartphone gue, jam ini bisa merangkap berbagai macam kegunaan. Misal dapat digunakan untuk stopwatch, count down, dan alarm.
     Kalkulator yang ada pada smartphone kini telah mengalami perubahan, yang awalnya hanya dapat digunakan untuk menghitung aritmatika sederhana. Namun sekarang lebih banyak fasilitasnya, mulai dari sin, tan, cos, akar kuadrat, dan lain sebgainya. Hal ini memudahkan pengguna untuk menyelesaikan operasi hitung.



    Play Books
    merupakan aplikasi yang berguna untuk kalian yang hobi membaca buku. Di sini kalian juga bisa membeli buku secara online, so.. jangan khawatir jika belum punya buku bacaan.






    Search merupakan salah satu utilitas yang berfungsi untuk 'mencari' apapun, seperti mencari aplikasi, kontak, atau bisa menghubungkannya ke internet.


    Sekedar Info
     
    Jika anda ingin mengetahui spesifikasi smartphone anda, anda bisa melihatnya di pengaturan. Berdasarkan gampar di atas, terlihat spesifikasi hp gue yang apa adanya.

    Oke! Kayaknya cukup sampai di sini aja ya penjelasan gue tentang management file dan directory. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jangan lupa cmiiw yaa.




Friday, February 19, 2016 di 11:12 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Hii fellas! Di post-an ini gue gak akan promo dagangan di blog gue, tapi gua akan sedikit share tugas penkom gue disini. Yap kalau kalian sering pantengin blog gue, pasti tau doong penkom itu apa? Ya, benar! Penerapan komputer, salah satu mata kuliah interdept gue. Nah tugas penkom ke-2 ini gue akan cerita tentang perangkat keras pada sistem operasi Windows Eight (walaupun di tulisan tugasnya menggunakan Windows 7) tapi gak beda jauh sama Windows 8 kok. Selain itu gue akan bahas kustomisasi perangkat keras pada sistem operasi. Sooo keep reading dude xx.


Sebelum masuk ke inti, gue mau cerita sedikit nih. Laptop yang akan gue bedah yaitu merk ASUS AS451LB dengan kapasistas RAM yang menurut gue cukup besar yaitu 4GB. Ya cukuplah buat main game the sims 4 mah hehe. Oh ya, di sini gue akan bahas kustomisasi pada perangkat keras yang pastinya pernah bahkan sering kalian dengar. Kayak mouse, printer, sound card, VGA card, proscessor, RAM, monitor, keyboard & hardisk. Kalau masih ada yang belum pernah kalian dengar, nih gue kasih tau secara garis besar fungsi-fungsi doi tuh utuk apa saja.

  1. Hardisk terbuat dari bahan baku yang dilapisi oleh piringan magnetic oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar 
  2. Keyboard merupakan input device yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol. Oh ya, keyboard bukan hanya sebagai alat ‘ketik’ saja, melainkan punya banyak fungsi lainnya. 
  3.  Mouse merupakan input device yang berguna sebagai pointer pada layar monitor. 
  4. Monitor merupakan output device yang mengeluarkan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh user. 
  5.  Printer merupakan output device yang digunakan untuk mencetak data yang diinginkan user pada media kertas atau yang lainnya.  
  6. Processor atau biasa disebut otak komputer berfungsi mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. 
  7. Sound card dapat digunakan untuk mengolah suara yang masuk dan dapat mengubah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker. 
  8. VGA card kependekan dari Video Graphics Accelerator mempunyai fungsi sebagai perubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. Setelah kalian tahu secara garis besar fungsi dari perangkat keras yang akan gue jelaskan. 

Sekarang gue akan kustomisasi satu per satu. Eitsss tapi tenang, gak panjang kok cuma dikit hehe. Okey pertama gue akan bahas keyboard. Gambar keyboard Kalian pasti sering menggunakan keyboard saat menggunakan komputer atau laptop kan? Bahkan mungkin kalian ‘menggunakannya’ setiap hari. Terkadang setiap keyboard mempunyai speed berbeda dalam memasukan input yang diinginkan. Cepat atau lambatnya keyboard dalam meng¬-input data bisa di atur lho! Caranya mudah banget, dengan mengikuti petunjuk di bawah ini: 
 
arahkan kursor ke pojok kanan, klik settings
 klik control panel



klik "mouse" pada layar




Pada pengaturan keyboard, kalian bisa mengatur repeat delay yaitu waktu yang diperlukan untuk memunculkan input pada layar monitor. Lain halnya dengan repeat rate yang berfungsi untuk mengatur waktu dalam pengulangan inpun dan mengatur waktu dalam melakukan penghapusan karakter yang telah di input. Sedangkan cursor blink rate tuh gunanya untuk mengatur tampilan blink kursor ketika sedang mengetik karakter pada keyboard. Oh iya, untunk mengetahui tipe keyboard yang digunakan bisa klik tab hardware

Sekarang gue lanjut ke bagian mouse. Yup! Alat yang biasa kita ‘pencet-pencet’ setiap saat, ternyata bisa kita atur sesuai keinginan lho! Caranya tinggal buka control panel dan pilih menu mouse. Pada menu mouse terdapat tab yang meliputi Button, Pointers, Pointers Option, Wheel, Hardware


Jika kalian buka tab button, terdapat: 
  1. bulton confirguration berfungsi untuk mengubah fungsi pad sebelah kanan pada mouse menjadi fungsi pad sebelah kiri.
  2. Doble click speed yang berfungsi untuk mengatur kecepatan doble click. Jadi disini kalian bisa menentukan seberapa cepat double click yang diinginkan. 
  3. Clicklock untuk memudahkan fungsi Drag and Drop agar memindahkan file tidak perlu di drag. Click Clock, jika kita memilih Trun On Click Clock maka saat kita mengeklik double pada bagian atas suatu kotak dialog maka kotak tersebut akan menempel pada pointer kita. 




Nah, jika kalian masih penasaran apa saja sih yang bisa diatur untuk mouse ? kalian bisa mengubah tampilan pointer pada tab pointers. Sedangkan untuk mengatur cepat-lambatnya pergerakan pointer, adanya bayangan saat menggeser kursor, bisa di atur pada tab pointer option. Sedangkan untuk melihat tipe mouse yang kalian gunakan, bisa dilihat pada tab hardware.




Oke, dua kustomisasi perangkat keras telah terselesaikan! Karena gue ngerasa tulisan diatas terlalu panjaaang. Jadi gue memutuskan untuk menuliskan secara singkat kustomisasi selanjutnya. Sekarang gue lanjut ke bagian yang biasa sering digunakan mahasiswa untuk mencetak hasil tugas yang diberikan dosennya. Ya, printer! Alat vital bagi mahasiswa ini bisa di utak-atik pada menu Device and Printers pada control panel. Disini kalian bisa tau printer yang pernah terinstall apa saja.



Pastinya kalian pernah kan ya ‘menghidupkan’ laptop hanya untuk nonton film yang kalian demen. Kalau lagi nonton film pasti ada suaranya dong? Entah keluar dari earphone atau dari laptopnya langsung. Suara yang keluar itu hasil dari kerja keras Sound card. Sound card terbagi menjadi 3 jenis. Yaitu sound card onboard, offboard dan external. Untuk ngulik tentang sound, bisa buka Sound pada control panel. Jika kalian masih kepo dan masih ingin ngulik sampe batre laptop habis. Kalian bisa menjelajahi seluruh isi dari control panel.


Oh ya, kalau mau tau cara lihat spesifikasi laptop bisa buka DirectX Diagnostic Tool. Jika ada yang belum tahu cara menampilkan directX diagnostic tool bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. ketik ”run” pada kolom pencarian, tekan enter 
  2. ketik “cxdiag” pada kolom open Setelah muncul tampilan directX diagnostic tool pada layar, kalian bisa mendapatkan informasi spesifikasi laptop. Mulai dari RAM, OS, processor, bahkan VGA card yang digunakan pada laptop kalian bisa dilihat di mari lhooo! 



 Untuk yang pengen tahu lebih lanjut tentang hardisk di laptopnya, bisa ikutin langkah dimari:
  1. buka file explorer
  2. klik kanan pada "computer"
  3. klik "manage"

 Okedeeh, akhirnya selesai juga nih tugas! Oh ya, kalau masih ada yang kurang jelas terkait dengan tulisan gue ini atau mau mengkritik boleh komen di bawah ini ya! jangan lupa di share ke teman jika bermanfaat menurut kalian :)

Thursday, February 11, 2016 di 3:53 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments



Hi guys! Gak kerasa nih udah 3 tahun gue gak posting 'sesuatu' di blog. Rasanya tuh kalo kembali nulis lagi di blog rasanya tuh.. tangan berat, kaku, pegel li
Hi guys! Gak kerasa nih udah 3 tahun gue gak posting 'sesuatu' di blog. Rasanya tuh kalo kembali nulis lagi di blog rasanya tuh.. tangan berat, kaku, pegel linu, pusing tujuh keliling (karena harus mikir mau nulis apa), keram :( *hahaha lebay njirrr. Oya tau gak sih kenapa gue kembali posting lagi di blog ini? karena gue harus kembali main blog ini untuk memenuhi tugas mata kuliah gue di semester 2! guess what? penkom! Yup, penerapan komputer. sebenernya sih gue gatau ya kedepannya mau ngepost apa. Tapi yang pasti post-an gue selalu berhubungan dengan tugas-tugas gue. Ntah hasil tugas, pengembangan tugas, atau mungkin cuma sekedar post hiburan, hehehehe.

Nah mau tau kelanjutan blog gue gimana? apakah semakin asik atau garing? tetep pantengin blog gue terus ya! minimal 3x sehari! *apasih.