Friday, February 19, 2016 di 11:12 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Hii fellas! Di post-an ini gue gak akan promo dagangan di blog gue, tapi gua akan sedikit share tugas penkom gue disini. Yap kalau kalian sering pantengin blog gue, pasti tau doong penkom itu apa? Ya, benar! Penerapan komputer, salah satu mata kuliah interdept gue. Nah tugas penkom ke-2 ini gue akan cerita tentang perangkat keras pada sistem operasi Windows Eight (walaupun di tulisan tugasnya menggunakan Windows 7) tapi gak beda jauh sama Windows 8 kok. Selain itu gue akan bahas kustomisasi perangkat keras pada sistem operasi. Sooo keep reading dude xx.


Sebelum masuk ke inti, gue mau cerita sedikit nih. Laptop yang akan gue bedah yaitu merk ASUS AS451LB dengan kapasistas RAM yang menurut gue cukup besar yaitu 4GB. Ya cukuplah buat main game the sims 4 mah hehe. Oh ya, di sini gue akan bahas kustomisasi pada perangkat keras yang pastinya pernah bahkan sering kalian dengar. Kayak mouse, printer, sound card, VGA card, proscessor, RAM, monitor, keyboard & hardisk. Kalau masih ada yang belum pernah kalian dengar, nih gue kasih tau secara garis besar fungsi-fungsi doi tuh utuk apa saja.

  1. Hardisk terbuat dari bahan baku yang dilapisi oleh piringan magnetic oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar 
  2. Keyboard merupakan input device yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol. Oh ya, keyboard bukan hanya sebagai alat ‘ketik’ saja, melainkan punya banyak fungsi lainnya. 
  3.  Mouse merupakan input device yang berguna sebagai pointer pada layar monitor. 
  4. Monitor merupakan output device yang mengeluarkan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh user. 
  5.  Printer merupakan output device yang digunakan untuk mencetak data yang diinginkan user pada media kertas atau yang lainnya.  
  6. Processor atau biasa disebut otak komputer berfungsi mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. 
  7. Sound card dapat digunakan untuk mengolah suara yang masuk dan dapat mengubah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker. 
  8. VGA card kependekan dari Video Graphics Accelerator mempunyai fungsi sebagai perubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. Setelah kalian tahu secara garis besar fungsi dari perangkat keras yang akan gue jelaskan. 

Sekarang gue akan kustomisasi satu per satu. Eitsss tapi tenang, gak panjang kok cuma dikit hehe. Okey pertama gue akan bahas keyboard. Gambar keyboard Kalian pasti sering menggunakan keyboard saat menggunakan komputer atau laptop kan? Bahkan mungkin kalian ‘menggunakannya’ setiap hari. Terkadang setiap keyboard mempunyai speed berbeda dalam memasukan input yang diinginkan. Cepat atau lambatnya keyboard dalam meng¬-input data bisa di atur lho! Caranya mudah banget, dengan mengikuti petunjuk di bawah ini: 
 
arahkan kursor ke pojok kanan, klik settings
 klik control panel



klik "mouse" pada layar




Pada pengaturan keyboard, kalian bisa mengatur repeat delay yaitu waktu yang diperlukan untuk memunculkan input pada layar monitor. Lain halnya dengan repeat rate yang berfungsi untuk mengatur waktu dalam pengulangan inpun dan mengatur waktu dalam melakukan penghapusan karakter yang telah di input. Sedangkan cursor blink rate tuh gunanya untuk mengatur tampilan blink kursor ketika sedang mengetik karakter pada keyboard. Oh iya, untunk mengetahui tipe keyboard yang digunakan bisa klik tab hardware

Sekarang gue lanjut ke bagian mouse. Yup! Alat yang biasa kita ‘pencet-pencet’ setiap saat, ternyata bisa kita atur sesuai keinginan lho! Caranya tinggal buka control panel dan pilih menu mouse. Pada menu mouse terdapat tab yang meliputi Button, Pointers, Pointers Option, Wheel, Hardware


Jika kalian buka tab button, terdapat: 
  1. bulton confirguration berfungsi untuk mengubah fungsi pad sebelah kanan pada mouse menjadi fungsi pad sebelah kiri.
  2. Doble click speed yang berfungsi untuk mengatur kecepatan doble click. Jadi disini kalian bisa menentukan seberapa cepat double click yang diinginkan. 
  3. Clicklock untuk memudahkan fungsi Drag and Drop agar memindahkan file tidak perlu di drag. Click Clock, jika kita memilih Trun On Click Clock maka saat kita mengeklik double pada bagian atas suatu kotak dialog maka kotak tersebut akan menempel pada pointer kita. 




Nah, jika kalian masih penasaran apa saja sih yang bisa diatur untuk mouse ? kalian bisa mengubah tampilan pointer pada tab pointers. Sedangkan untuk mengatur cepat-lambatnya pergerakan pointer, adanya bayangan saat menggeser kursor, bisa di atur pada tab pointer option. Sedangkan untuk melihat tipe mouse yang kalian gunakan, bisa dilihat pada tab hardware.




Oke, dua kustomisasi perangkat keras telah terselesaikan! Karena gue ngerasa tulisan diatas terlalu panjaaang. Jadi gue memutuskan untuk menuliskan secara singkat kustomisasi selanjutnya. Sekarang gue lanjut ke bagian yang biasa sering digunakan mahasiswa untuk mencetak hasil tugas yang diberikan dosennya. Ya, printer! Alat vital bagi mahasiswa ini bisa di utak-atik pada menu Device and Printers pada control panel. Disini kalian bisa tau printer yang pernah terinstall apa saja.



Pastinya kalian pernah kan ya ‘menghidupkan’ laptop hanya untuk nonton film yang kalian demen. Kalau lagi nonton film pasti ada suaranya dong? Entah keluar dari earphone atau dari laptopnya langsung. Suara yang keluar itu hasil dari kerja keras Sound card. Sound card terbagi menjadi 3 jenis. Yaitu sound card onboard, offboard dan external. Untuk ngulik tentang sound, bisa buka Sound pada control panel. Jika kalian masih kepo dan masih ingin ngulik sampe batre laptop habis. Kalian bisa menjelajahi seluruh isi dari control panel.


Oh ya, kalau mau tau cara lihat spesifikasi laptop bisa buka DirectX Diagnostic Tool. Jika ada yang belum tahu cara menampilkan directX diagnostic tool bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. ketik ”run” pada kolom pencarian, tekan enter 
  2. ketik “cxdiag” pada kolom open Setelah muncul tampilan directX diagnostic tool pada layar, kalian bisa mendapatkan informasi spesifikasi laptop. Mulai dari RAM, OS, processor, bahkan VGA card yang digunakan pada laptop kalian bisa dilihat di mari lhooo! 



 Untuk yang pengen tahu lebih lanjut tentang hardisk di laptopnya, bisa ikutin langkah dimari:
  1. buka file explorer
  2. klik kanan pada "computer"
  3. klik "manage"

 Okedeeh, akhirnya selesai juga nih tugas! Oh ya, kalau masih ada yang kurang jelas terkait dengan tulisan gue ini atau mau mengkritik boleh komen di bawah ini ya! jangan lupa di share ke teman jika bermanfaat menurut kalian :)

0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...