Tuesday, March 1, 2016 di 9:11 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Setelah seminggu berlalu, akhirnya gue sekarang nulis blog lagi.. Yaa, nge-blogging karena untuk memenuhi tugas penkom gue kali ini. Setelah kemaren gue ngebahas tentang Kostumisasi Hardware pada Sistem Operasi. Sekarang gue akan ngebahas tentang management file dan directory, fasilitas kompresi file pada android, fasilitas utilitas sistem pada android.

Oya, sebelum masuk ke topik. Gue mau ceritain sedikit tentang smartphone gue. Sekarang gue pengguna smartphone lenovo merk P70 . Harganya yang ekonomis membuat gue memutuskan membeli smartphone ini. Oke, kembali ke tugas.

Management file dan directory
Management file dan directory pada android adalah salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk me-manage file-file yang tersimpan dalam smartphone/mobile phone yang menggunakan OS Android. Pada bagian management file dan directory, kita dapat membuat folder untuk mengelompokkan file, melihat file apa saja yang ada, menghapus (Delete), menyalin (Copy), atau memindahkan (Move) file dari satu lokasi (folder) ke lokasi lain, dan mengganti nama file. Pada saat aplikasi file manager dibuka, tampilan yang terlihat di layar smartphone anda yaitu isi dari phone storage dan  SD card. Jika anda ingin me-manage file dan directory, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Buka smartphone anda, klik  file manager

Di sini, anda bisa melihat properties dari phone storage maupun SD card anda






Setiap smartphone mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam hal me-manage file. Namun pada umumnya, setiap smartphone dapat membuat folder, melakukan pencaharian, menghapus (Delete), menyalin (Copy), atau memindahkan (Move) file dari satu lokasi (folder) ke lokasi lain, dan mengganti nama file, dan melihat properties-nya. Gue yakin sih, yang mampir di blog ini pasti udah pada tahu kan cara-cara melakukan hal-hal yang tertulis di atas, tapi gue di sini cuma mau ngasih langkah-langkah untuk membuat file baru

  

  1. Buka file manager
  2. Klik yang bertanda merah (new folder)
  3. Ketik nama folder yang ingin dibuat
  4. Enter.
 Fasilitas Kompresi File Pada Android

Semakin berkembangnya teknologi, banyak smartphone yang telah ada kompesi file bawaan dari hpnya. Namun, sangat disayangkan, hal ini tidak berlaku untuk hp gue. Ya, hp gue masih pakai sistem manual. Jadi jika gue ingin mengkompresi file, gue harus pakai app yang harus di unduh di play store atau semacamnya. Gue menggunakan aplikasi androzip untuk mengkompresi file di smartphone gue. Aplikasi androzip dapat digunakan untuk mengkompres file menjadi rar, zip dsb. Jika kalian belum memiliki aplikasi ini, kalian bisa mengunduhnya di playstore. Setelah aplikasi androzip terpasang pada smartphone. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Buka aplikasi androzip
  2. Pilih/ checklist file yang ingin di compress
  3. Klik ikon + yang ada di atas aplikasi
  4. Compress file sesuai yang di inginkan (bisa format rar/zip)
  5. Hasil compress akan terlihat di tampilan smartphone kalian.

    Fasilitas Utilitas Sistem Pada Android  
    Fasilitas Utilitas yang disediakan pada sistem Android sangat berguna untuk menunjang berbagai keperluan, seperti untuk mengkompres file, menscan virus, melihat foto, menulis agenda, mengedit foto atau video, defragment, command prompt, anti virus dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu user harus meng-install aplikasi yang ingin digunakan. Namun di tulisan ini, gue hanya ngebahas fasilitas utilitas bawaan dari androidnya sendiri. Misal kalkulato, kalender, jam dsb. Ini dia tampilannya:


    Gambar di atas
    menunjukan jam multifungsi, dimana pada smartphone gue, jam ini bisa merangkap berbagai macam kegunaan. Misal dapat digunakan untuk stopwatch, count down, dan alarm.
     Kalkulator yang ada pada smartphone kini telah mengalami perubahan, yang awalnya hanya dapat digunakan untuk menghitung aritmatika sederhana. Namun sekarang lebih banyak fasilitasnya, mulai dari sin, tan, cos, akar kuadrat, dan lain sebgainya. Hal ini memudahkan pengguna untuk menyelesaikan operasi hitung.



    Play Books
    merupakan aplikasi yang berguna untuk kalian yang hobi membaca buku. Di sini kalian juga bisa membeli buku secara online, so.. jangan khawatir jika belum punya buku bacaan.






    Search merupakan salah satu utilitas yang berfungsi untuk 'mencari' apapun, seperti mencari aplikasi, kontak, atau bisa menghubungkannya ke internet.


    Sekedar Info
     
    Jika anda ingin mengetahui spesifikasi smartphone anda, anda bisa melihatnya di pengaturan. Berdasarkan gampar di atas, terlihat spesifikasi hp gue yang apa adanya.

    Oke! Kayaknya cukup sampai di sini aja ya penjelasan gue tentang management file dan directory. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jangan lupa cmiiw yaa.




0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...